Friday, September 12, 2014

Progress Of LiDAR Project



Minutes Of Meeting
Progress Project dari setiap pihak
Working Group, TT dan Konsultan
Agenda ;
1.   Update informasi darri TT,
2.   Progress dari project akan dipresentasikan oleh pihak karvak
3.   Planning for GP by karvak
4.   Discussion
5.   Other information

1.   Updated Information dari TT
·         Untuk daerah dili pemasangan IPC dan BM sudah selesai, ainaro, lautem, cova lima, liquica, baucau
·         Atauro 90%
·         Liquca, ermera, bobonaro 70 %
·         Manatuto manufahi pemasangan ICP belum selesai, yang sudah terpasang prosentase kira- kira 30%
·         Oecusse, tim masih dilokasi dan pemasangan masih berlanjut
·         Vqq Bm sudah selesai, IPC belum
·         Update informasi lewat Blog Spot Lidar, semua kegiatan Lidar akan diinformasikan melalui Blog ini
·         Pada tanggal 5 September 2014, ada site visit oleh Pak helder dan Team leader di BM palasio do governo
·         Kedepannya  akan ada web resmi Lidar masih dalam tahap development

            2.      2nd Monthly report progress presentation By PT. Karvak
ü  Oleh Pak Sophan Priyadi
·         BM sudah terpasang semua..
·         rencana akan membuat instalasi minggu depan.
·         Pesawat hari sabtu sudah  akan tiba.
ü   Presentai progress oleh Ibu Dewi
·         Overview the project
·         Project organization
·         Time line
·         Scope of work
·         Plan for 3rd month

Data acquisition 
rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 sept. 2014

Tec. Scope
oleh pak Harri nugroho
·      saat ini proses masih ada di Ground Survey
·      ICP masih berlangsung
·      sudah memasuki pemasangan GPS
·      Base station akan dimulai minggu depan.

Preparation
      calibraation dan Validation untuk alat Lidar
      berharap selasa sudah mulai survey
aircraft
      sudah mendapat izin dari CAA tapi administrasi massih proses
     server untuk Process data LiDAR minggu depan akan terinstall. Sudah ada Ruangan di IPG

Ground Survey ( BM dan ICP instalation ) 
 masih ada di tahap Establishing benchmark
Warna ICP biru, BM kuning
BM  63 baseline yang menghubungkan antara satu BM dengan BM yang lainnya progress 3 baselines
ICP 75 % 73 dari 260 point yang akan disebarkan
Pulau jaco  ( Lospalos )yang sebelumnya hanya dipasang ICP karena beberapa alasan diambil keputusan untuk memasang BM
ICP minggu depan diharapkan selesai pada tgl 19
GPS baseline seluruhnya bulan November
akan ada team ketiga dari jakarta tiba pada bulan ini

Data Aquisition
·         tahap security clearence document etc
·         Lidar & kamera akan datang pada hari sabtu
·         begitu juga dengan Pesawat
·         penerbangan pada hari senin hanya untuk calibration sedangkan untuk flight plannya akan dilaksanakan pada hari selasa

Equpment
·         Lidar sensor ALTM optech orion dan camera CS 10000
Single Frame
·         resolusi 10-15 Cm
Flight Plan
Oleh Pak Rahiman  Sonsang
·         membuat jalur terbang dari setiap blok terbang seperti yang sudah disusun berdasarkan  kondisi terrain
·         pilot dimentain untuk mengikuti trek yang sudah diatur.. jika tidak akan terjadi Gap
·         akan terjadi dinamika dilapangan  posisi maksimak fliht 1500 bisa turun tergantung pada     keadaan awan... paling turun di 700-750 jika  lebih kebawah maka tidak berani kerena pengaruh gaya gravitasi bumi.
·         menggunakan software ilmiah untuk GPS data processing, bukan komersial.. titik utama BM dan GPS akan aktif selama 24 jam
·         untuk flight ada 5 orang, untuk setiap flight team teknik satu orang
Data acquisition
·         dalam setiap pengamatan yang dibawah maupun di pesawat sama 2 melakukan pengamatan. tetapi yang dibawah tetap diam ditempat tidak bergerak seperti pesawat
·         antara lebar foto dan laser lebih besak yang foto. penerbangan antara 1000 m kurang lebih,  maka sapuannya antara 600-700 m.
·         BM 1 di palasio
·         ICP titik2 yag akan digunakan untuk control foto, kualitas nya dari segi ketelitian  lebih sedikit disbanding BM. ICp adalah pengukuran langsung dilapangan
·         BM merupakan Base system Lidar. Kosep mapping adalah georeference. Foto sudah ada kordinat hanya belum terkoreksi. ICP harus kokoh  untuk bisa dimanfaatkan untuk terrestrial dilapangan. Contohnya pembuatan jalan.
·         IMU untuk mengukur  roll,pitch, yaw


Discussion
Pak helder
·         Dari struktuknya, bingung dengan siapa yang bertanggung jawab  untuk consultant? karena yang biasa bertemu di finance adalah orang yang berbeda. Masalahanya saya deal dengan orang yang berbeda dengan yang selalu hadir di setiap pertemuan.
·         Masalahnya adalah untuk mempertimbangkan kemungkinan – kemungkinan yang bisa terjadi karena tiap masalah penyelesaiannya berbeda antara masalah teknis dan administrasi
·         BM dan ICP, apakah pewat bisa terbang selama semua pemasangan tiap titik ICPnya belum selesai?
Tanggapan  :Penerbangan akan dilakukan  jika semua titik sudah selesai dipasang.
 Make sure TT akan diikutsertakan dalam setiap penerbangan sebagai bagian dari transfer knowledge
TT akan diikutsertakan  bagaimana pembagiannya akan dibahas dengan pak Ozzie
Setiap titik pemasangan TT selalu diikutsertakan..
·         Agar pesawatnya bisa diekspos karena proyek ini menelan biaya yang besar
Diusulkan agar eksposnya setelah make sure tentang pesawatnya.
Tapi mengenai   media pihak konsultan yang akan  mengurusnya
Berapa pesawat yang beroperasi?
Tanggapan ; 2 pesawat . yang pertama datang 1 pesawat setelah 2 minggu pesawat kedua akan didatangkan.
·         Mengenai penerbangan
Setiap penerbangan harus diikutkan oleh TT, kalo tidak diikutsertakan  tidak boleh ada penerabangan. Semuanya di atur oleh pak Osorio ; dengan 2 tujuan
ü  Transfer knowledge
ü  Data security, Jika ada data yang bocor akan dipidanakan
Tanggapan ;
Ø  Tt akan diikutsertakan dari penerbangan hingga data diserahkan ke server.
Ø  Setiap tt yang  diikutsertakan dalam penerbangan harus diasuransikan
Ø  Keamanan tt sangat penting, karena kondisi pesawat  jadi mungkin mental dari tiap tt harus disiapkan.
Ø  Server sudah  ada di basecamp consultant
Ø  Server ada 2, server untuk pekerjaan dan server untuk delivery, Jadi server yang sudah ada disini adalah server untuk pekerjaan sedangkan server untuk delivery belum
Pak Helder :
·         Setiap barang harus diinspeksi oleh pak Ozzie harus ada justifikasi/ penjelasan
·         Report; sudah saya suruh membuat report; diharapkan  setiap minggu ada brief report, bisa dikirim by email, bisa dikirim ke chariman dan  deputy chairman
·         Akan  mereport project kepada PM; sehingga diharapkan konsultan mengkompilasikan semua document( doc, simulasi presentai etc ), electronic file. mungkin hari kamis minggu depan sudah bisa diterima. Trstruktur , yang sudah dilakukan dan rencana 3 bulan kedepannya
Maun Ozzie
·         Mengenai report;  dibuat lebih sederhana dan lebih terstruktur. Contohya Peta dan foto

Pak helder
·         Capacity bulding untuk TT,
Tanggapan ;Rencananya November dan workshop resmi akan sebanyak 3 kali untuk tt ( bagaimana proses) rencannya satu minggu dan untuk manajerial ( pengambilan keputusan) diakhir, rencananya di Bulan Juni 2015.
·         Knowledge transfer harus efektif.
Bagaiman memprosesing data GPS oleh pak Indra

Pak totok
Training ada 2 ;On the job training ( dilapangan ) dan Training dalam kelas
Pak Helder
·         bisa dikomunikasikan terlebih dahulu agar bisa dibuat arrange
·         akan didampingi khusus oleh team manajer
·         akan segera dikoreksi oleh Team konsultan
Pak Totok
·         Teknis, mengenai pemasangan BM, Bagaiman dengan dua BM diindonesia, status BM
Masalahnya pemasangannya  harus menggunakan bendera TL di wilayah indonesia
13 kali 2,  sisanya lidar measurement
·         BM aileu salah posisi?masalahnya masuk di wilayah turiskai ( manufahi ) apakah itu tidak masalah, apakah titik BM di manufahi ada 3 titik
Tanggapan ;Karena kondisi dilapangan maka BM di aileu bergeser dan  masuk ke wilayah Manufahi.
·         Diharapkan Peta  dapat dimanfaatkan untuk menentukan batas wilayah laut, apakah peta ini bisa digunakan untuk menentukan ini ?
Tanggapan ; Batas wilayah yang masuk dalam project ini hanya meliputi batas wilayah darat batas darat dengan Indonesia jadi tidak mencover wilayah laut.
Teknologi lidar tidak bisa  digunakan untuk pemetaan pantai ada teknologi lain.dalam kontrak hanya 200 Meter radius dari pantai.


Pak  Harry
·         Melihat dari konvigurasi TL, 20 km  untuk pengamatan Pasut
·         selama 1 tahun penuh untuk menentukan continental self sebagai garis pangkal.
Pak Roger
Pak Roger
·         Apakah proyek ini  ada koordinasi dengan land and property?
Salah satu TT dari kementrian PU  akan melanjutkan studi S2  sehingga akan ada sedikit pergantian.
Pak Helder
·         Dengan adanya kedua proyek ini apakah tidak akan terjadi overlap?Output antara kedua proyek berbeda , Agar jangan terjadi overlay flight.sehingga menghambat jadwal.
·         Pada saat penerbangan bisa mengikutsertakan boarder affairs dan institusi lain yang terkait
·         Kami sudah menghubungi directorat  pertahanan dan komandan penerbangan KUPANG karena pesawat akan masuk ke wilayah Indonesia  sampai 2 Km.

Maun Xavier
Pihak konsultan harus menjelaskan kepada tt untuk menjelaskan kegunaan lidar kepada otoritas setempat.
Bagaiman dengan Posisi Icp  yang bergeser??
Icp 17 & 20 kehabisan semen, jadi kebanyakan menggunakan pasir mungkin harus dganti.
            Selama  ICp masih dalam cover maka  tidak masalah.
Belum ada sosialisai secara mendetail mengenai projek lidar sampai saat ini jadi setelah ini akan ada presentasi   secara detail dari proyek Lidar.
Staff local ada 2 org
Konsep dalam bahasa tetun harus diperbaiki. Kalo bisa merekrut orang  berkapasitas.

Franscoela (PU)
Apakah posisi BM yang dimanufahi ( seharusnya Aileu ) tdak mempengaruhi batas administrasi yang sudah ada ?
            BM bukan sebagai Batas administrasi, tapi hanya sebagai pengikat.
Dinis ( PU )
Keunggulan dari teknologi Lidar, menggunakan gelombang aktif akusisi lasssernya bisa digunakan pada malam hari ?
            Lidar Bisa dilakukan pada siang dan malam hari
Kamera gelombang non aktif, tapi Lidar sendiri menggunaan laser yang bisa digunakan pada siang dan malam  hari. Tapi untuk foto harus digunakan pada siang hari karena memerlukan energy lain yaitu matahari.
Jose ( MAP )
Kaitan Penerbangan  dengan aktifitas pemasangan ICP ? banyak masyarakat yang menanyakan tentang pemasangan ICP , BM dan penerbangan.
            Perlu sosialisasi kepada masyarakat mengenai proses penerbangan
Ernesto (IPG)
            Perlu menginformasikan Sertifikasi untuk kalibrasi kamera.

Pak Ozzie
Bisa disiarkan kepada masyarakat luas melalui media, sehingga bisa mengcover setiap lapisan masyarakat.
Meeting Documentations by TT - Seran, IPG-IP





























Report Progress Presentation Of Ground Survey and Planning For GPS Observation and LiDAR data Acquisition, Link to

https://drive.google.com/file/d/0BwerGrlZkvp_SW1FSi1XelRyZTQ/edit?usp=sharing  





No comments:

Post a Comment