Minutes Of Meeting
Progress Project dari
setiap pihak
Working Group, TT dan
Konsultan
Agenda ;
1.
Update informasi darri TT,
2.
Progress dari project akan
dipresentasikan oleh pihak karvak
3.
Planning for GP by karvak
4.
Discussion
5.
Other information
1.
Updated Information dari TT
·
Untuk daerah dili pemasangan
IPC dan BM sudah selesai, ainaro, lautem, cova lima, liquica, baucau
·
Atauro 90%
·
Liquca, ermera, bobonaro 70 %
·
Manatuto manufahi pemasangan
ICP belum selesai, yang sudah terpasang prosentase kira- kira 30%
·
Oecusse, tim masih dilokasi dan
pemasangan masih berlanjut
·
Vqq Bm sudah selesai, IPC belum
·
Update informasi lewat Blog
Spot Lidar, semua kegiatan Lidar akan diinformasikan melalui Blog ini
·
Pada tanggal 5 September 2014, ada
site visit oleh Pak helder dan Team leader di BM palasio do governo
·
Kedepannya akan ada web resmi Lidar masih dalam tahap
development
2.
2nd Monthly report
progress presentation By PT. Karvak
ü Oleh Pak Sophan Priyadi
·
BM sudah terpasang semua..
·
rencana akan membuat instalasi
minggu depan.
·
Pesawat hari sabtu sudah akan tiba.
ü Presentai progress oleh Ibu Dewi
·
Overview the project
·
Project organization
·
Time line
·
Scope of work
·
Plan for 3rd month
Data acquisition
rencananya akan
dilaksanakan pada tanggal 16 sept. 2014
Tec. Scope
oleh pak Harri nugroho
·
saat ini proses masih ada di
Ground Survey
·
ICP masih berlangsung
·
sudah memasuki pemasangan GPS
·
Base station akan dimulai
minggu depan.
Preparation
calibraation dan Validation
untuk alat Lidar
berharap selasa sudah mulai survey
berharap selasa sudah mulai survey
aircraft
sudah mendapat izin dari CAA tapi
administrasi massih proses
server untuk Process data LiDAR
minggu depan akan terinstall. Sudah ada Ruangan di IPG
Ground Survey ( BM dan ICP instalation )
masih ada di tahap Establishing benchmark
Warna ICP biru, BM kuning
BM 63 baseline yang menghubungkan antara satu BM dengan BM yang lainnya progress 3 baselines
ICP 75 % 73 dari 260 point yang akan disebarkan
Pulau jaco ( Lospalos )yang sebelumnya hanya dipasang ICP karena beberapa alasan diambil keputusan untuk memasang BM
ICP minggu depan diharapkan selesai pada tgl 19
GPS baseline seluruhnya bulan November
akan ada team ketiga dari jakarta tiba pada bulan ini
masih ada di tahap Establishing benchmark
Warna ICP biru, BM kuning
BM 63 baseline yang menghubungkan antara satu BM dengan BM yang lainnya progress 3 baselines
ICP 75 % 73 dari 260 point yang akan disebarkan
Pulau jaco ( Lospalos )yang sebelumnya hanya dipasang ICP karena beberapa alasan diambil keputusan untuk memasang BM
ICP minggu depan diharapkan selesai pada tgl 19
GPS baseline seluruhnya bulan November
akan ada team ketiga dari jakarta tiba pada bulan ini
Data Aquisition
·
tahap security clearence
document etc
·
Lidar & kamera akan datang
pada hari sabtu
·
begitu juga dengan Pesawat
·
penerbangan pada hari senin
hanya untuk calibration sedangkan untuk flight plannya akan dilaksanakan pada
hari selasa
Equpment
·
Lidar sensor ALTM optech orion
dan camera CS 10000
Single
Frame
·
resolusi 10-15 Cm
Flight Plan
Oleh Pak Rahiman
Sonsang
·
membuat jalur terbang dari
setiap blok terbang seperti yang sudah disusun berdasarkan kondisi terrain
·
pilot dimentain untuk mengikuti
trek yang sudah diatur.. jika tidak akan terjadi Gap
·
akan terjadi dinamika
dilapangan posisi maksimak fliht 1500
bisa turun tergantung pada keadaan
awan... paling turun di 700-750 jika
lebih kebawah maka tidak berani kerena pengaruh gaya gravitasi bumi.
·
menggunakan software ilmiah untuk
GPS data processing, bukan komersial.. titik utama BM dan GPS akan aktif selama
24 jam
·
untuk flight ada 5 orang, untuk
setiap flight team teknik satu orang
Data acquisition
·
dalam setiap pengamatan yang
dibawah maupun di pesawat sama 2 melakukan pengamatan. tetapi yang dibawah
tetap diam ditempat tidak bergerak seperti pesawat
·
antara lebar foto dan laser
lebih besak yang foto. penerbangan antara 1000 m kurang lebih, maka sapuannya antara 600-700 m.
·
BM 1 di palasio
·
ICP titik2 yag akan digunakan
untuk control foto, kualitas nya dari segi ketelitian lebih sedikit disbanding BM. ICp adalah pengukuran
langsung dilapangan
·
BM merupakan Base system Lidar.
Kosep mapping adalah georeference. Foto sudah ada kordinat hanya belum
terkoreksi. ICP harus kokoh untuk bisa
dimanfaatkan untuk terrestrial dilapangan. Contohnya pembuatan jalan.
·
IMU untuk mengukur roll,pitch, yaw
Discussion
Pak helder
·
Dari struktuknya, bingung
dengan siapa yang bertanggung jawab
untuk consultant? karena yang biasa bertemu di finance adalah orang yang
berbeda. Masalahanya saya deal dengan orang yang berbeda dengan yang selalu
hadir di setiap pertemuan.
·
Masalahnya adalah untuk
mempertimbangkan kemungkinan – kemungkinan yang bisa terjadi karena tiap
masalah penyelesaiannya berbeda antara masalah teknis dan administrasi
·
BM dan ICP, apakah pewat bisa
terbang selama semua pemasangan tiap titik ICPnya belum selesai?
Tanggapan :Penerbangan akan dilakukan
jika semua titik sudah selesai dipasang.
Make sure TT akan diikutsertakan dalam setiap
penerbangan sebagai bagian dari transfer knowledge
TT akan
diikutsertakan bagaimana pembagiannya
akan dibahas dengan pak Ozzie
Setiap titik pemasangan TT
selalu diikutsertakan..
·
Agar pesawatnya bisa diekspos
karena proyek ini menelan biaya yang besar
Diusulkan agar eksposnya
setelah make sure tentang pesawatnya.
Tapi mengenai media pihak konsultan yang akan mengurusnya
Berapa pesawat yang
beroperasi?
Tanggapan ; 2 pesawat . yang pertama
datang 1 pesawat setelah 2 minggu pesawat kedua akan didatangkan.
·
Mengenai penerbangan
Setiap penerbangan harus
diikutkan oleh TT, kalo tidak diikutsertakan
tidak boleh ada penerabangan. Semuanya di atur oleh pak Osorio ; dengan
2 tujuan
ü Transfer knowledge
ü Data security, Jika ada data yang bocor akan dipidanakan
Tanggapan ;
Ø Tt akan diikutsertakan dari penerbangan hingga data diserahkan ke
server.
Ø Setiap tt yang diikutsertakan
dalam penerbangan harus diasuransikan
Ø Keamanan tt sangat penting, karena kondisi pesawat jadi mungkin mental dari tiap tt harus
disiapkan.
Ø Server sudah ada di basecamp consultant
Ø Server ada 2, server untuk pekerjaan dan server untuk delivery, Jadi
server yang sudah ada disini adalah server untuk pekerjaan sedangkan server
untuk delivery belum
Pak Helder :
·
Setiap barang harus diinspeksi
oleh pak Ozzie harus ada justifikasi/ penjelasan
·
Report; sudah saya suruh
membuat report; diharapkan setiap minggu
ada brief report, bisa dikirim by email, bisa dikirim ke chariman dan deputy chairman
·
Akan mereport project kepada PM; sehingga
diharapkan konsultan mengkompilasikan semua document( doc, simulasi presentai
etc ), electronic file. mungkin hari kamis minggu depan sudah bisa diterima.
Trstruktur , yang sudah dilakukan dan rencana 3 bulan kedepannya
Maun
Ozzie
·
Mengenai report; dibuat lebih sederhana dan lebih terstruktur.
Contohya Peta dan foto
Pak helder
·
Capacity bulding untuk TT,
Tanggapan ;Rencananya
November dan workshop resmi akan sebanyak 3 kali untuk tt ( bagaimana proses)
rencannya satu minggu dan untuk manajerial ( pengambilan keputusan) diakhir,
rencananya di Bulan Juni 2015.
·
Knowledge transfer harus
efektif.
Bagaiman memprosesing data
GPS oleh pak Indra
Pak totok
Training
ada 2 ;On the job training ( dilapangan ) dan Training dalam kelas
Pak Helder
·
bisa dikomunikasikan terlebih
dahulu agar bisa dibuat arrange
·
akan didampingi khusus oleh
team manajer
·
akan segera dikoreksi oleh Team
konsultan
Pak Totok
·
Teknis, mengenai pemasangan BM,
Bagaiman dengan dua BM diindonesia, status BM
Masalahnya
pemasangannya harus menggunakan bendera
TL di wilayah indonesia
13 kali 2, sisanya lidar measurement
·
BM aileu salah
posisi?masalahnya masuk di wilayah turiskai ( manufahi ) apakah itu tidak
masalah, apakah titik BM di manufahi ada 3 titik
Tanggapan ;Karena kondisi dilapangan
maka BM di aileu bergeser dan masuk ke
wilayah Manufahi.
·
Diharapkan Peta dapat dimanfaatkan untuk menentukan batas
wilayah laut, apakah peta ini bisa digunakan untuk menentukan ini ?
Tanggapan ; Batas wilayah yang masuk
dalam project ini hanya meliputi batas wilayah darat batas darat dengan
Indonesia jadi tidak mencover wilayah laut.
Teknologi lidar tidak
bisa digunakan untuk pemetaan pantai ada
teknologi lain.dalam kontrak hanya 200 Meter radius dari pantai.
Pak Harry
·
Melihat dari konvigurasi TL, 20
km untuk pengamatan Pasut
·
selama 1 tahun penuh untuk
menentukan continental self sebagai garis pangkal.
Pak Roger
Pak Roger
·
Apakah proyek ini ada koordinasi dengan land and property?
Salah satu TT dari
kementrian PU akan melanjutkan studi
S2 sehingga akan ada sedikit pergantian.
Pak Helder
·
Dengan adanya kedua proyek ini
apakah tidak akan terjadi overlap?Output antara kedua proyek berbeda , Agar
jangan terjadi overlay flight.sehingga menghambat jadwal.
·
Pada saat penerbangan bisa
mengikutsertakan boarder affairs dan institusi lain yang terkait
·
Kami sudah menghubungi
directorat pertahanan dan komandan
penerbangan KUPANG karena pesawat akan masuk ke wilayah Indonesia sampai 2 Km.
Maun
Xavier
Pihak
konsultan harus menjelaskan kepada tt untuk menjelaskan kegunaan lidar kepada
otoritas setempat.
Bagaiman
dengan Posisi Icp yang bergeser??
Icp
17 & 20 kehabisan semen, jadi kebanyakan menggunakan pasir mungkin harus
dganti.
Selama ICp masih dalam cover maka tidak masalah.
Belum ada
sosialisai secara mendetail mengenai projek lidar sampai saat ini jadi setelah
ini akan ada presentasi secara detail
dari proyek Lidar.
Staff local ada 2 org
Konsep dalam
bahasa tetun harus diperbaiki. Kalo bisa merekrut orang berkapasitas.
Franscoela (PU)
Apakah posisi BM
yang dimanufahi ( seharusnya Aileu ) tdak mempengaruhi batas administrasi yang
sudah ada ?
BM
bukan sebagai Batas administrasi, tapi hanya sebagai pengikat.
Dinis ( PU )
Keunggulan dari
teknologi Lidar, menggunakan gelombang aktif akusisi lasssernya bisa digunakan
pada malam hari ?
Lidar
Bisa dilakukan pada siang dan malam hari
Kamera gelombang
non aktif, tapi Lidar sendiri menggunaan laser yang bisa digunakan pada siang
dan malam hari. Tapi untuk foto harus
digunakan pada siang hari karena memerlukan energy lain yaitu matahari.
Jose ( MAP )
Kaitan Penerbangan dengan aktifitas pemasangan ICP ? banyak
masyarakat yang menanyakan tentang pemasangan ICP , BM dan penerbangan.
Perlu
sosialisasi kepada masyarakat mengenai proses penerbangan
Ernesto
(IPG)
Perlu
menginformasikan Sertifikasi untuk kalibrasi kamera.
Pak Ozzie
Bisa disiarkan
kepada masyarakat luas melalui media, sehingga bisa mengcover setiap lapisan
masyarakat.
Meeting Documentations by TT - Seran, IPG-IP
Report Progress Presentation Of Ground Survey and Planning For GPS Observation and LiDAR data Acquisition, Link to
https://drive.google.com/file/d/0BwerGrlZkvp_SW1FSi1XelRyZTQ/edit?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/0BwerGrlZkvp_SW1FSi1XelRyZTQ/edit?usp=sharing
No comments:
Post a Comment